Mengoptimalkan kepemimpinan ASEAN untuk mendorong ekspor: kementerian

0

BIG PLAY 777 PLAY 777 SITUS SLOT Kementerian Perdagangan berupaya untuk mengoptimalkan kepemimpinan Indonesia dalam Kepengurusan Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) guna meningkatkan volume ekspor nasional, terutama produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), ke wilayah tersebut. https://slot.yadika.sch.id/BIGPLAY777/nasdem-dan-demokrat-memanas-saling-balas-soal-kapan-cawapres-anies-diumumkan/big-play-777-situs-slot-online-terpercaya

“Kita harus memanfaatkannya. Kita harus memastikan bahwa kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN 2023 dapat mendorong produk-produk UMKM lokal kita menjadi produk unggulan di tingkat internasional,” kata Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, di sini pada hari Kamis.

Produk kerajinan tangan, makanan ringan, dan pakaian dalam negeri memiliki potensi untuk menjadi produk unggulan di kawasan Asia Tenggara, katanya. https://freeslotsonlinegames.com

Selain itu, game online Indonesia juga memiliki potensi ekonomi yang besar dan menjanjikan, katanya.

“Memang, game tersebut bisa diunduh secara gratis. Namun, ada banyak fitur tambahan yang perlu dibeli untuk diunduh,” tambah wakil menteri tersebut.

Seperti yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), kementeriannya berupaya untuk memastikan bahwa produk yang diekspor oleh Indonesia adalah produk olahan yang memiliki nilai tambah.

Sambuaga menekankan bahwa peningkatan kinerja ekspor dengan dukungan pelaku UMKM akan memiliki dampak positif pada ekonomi domestik, misalnya dalam hal peningkatan nilai tambah produk dan pembukaan peluang kerja baru.

“Sebagai ketua ASEAN, kita memiliki nilai strategis dan potensi untuk memastikan bahwa Indonesia mampu menjadi pemain ekonomi global yang strategis, bukan hanya di tingkat regional,” katanya.

Nilai ekspor Indonesia ke negara-negara ASEAN mencapai 3,97 miliar dolar AS (Rp61,46 triliun) pada Mei 2023, meningkat 26,02 persen dibandingkan bulan sebelumnya (bulan ke bulan), menurut Badan Pusat Statistik (BPS).

Selama periode tersebut, ekspor Indonesia ke sejumlah mitra perdagangan utamanya di wilayah tersebut, termasuk Singapura, mengalami peningkatan.

Ekspor Indonesia ke Singapura naik 25,78 persen secara bulanan menjadi 688,6 juta dolar AS (Rp10,66 triliun).

Sementara itu, volume ekspor Indonesia ke Malaysia mencapai 958,1 juta dolar AS (Rp14,83 triliun), naik 19,23 persen secara bulanan, dan Thailand 547,9 juta dolar AS (Rp8,48 triliun), naik 53,27 persen secara bulanan. BIG PLAY 777 PLAY 777 SITUS SLOT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *